Essai Lingkungan Hidup: Pemanasan Global

      Sebelum menjelaskan tentang pemanasan global, ada beberapa pertanyaan yang mungkin harus kalian pikirkan yaitu: apakah kalian pernah mengkhawatirkan akan perubahan iklim yang diakibatkan oleh manusia? Pernahkah kalian merasa takutkalau kita yang hidup di dunia saat ini mempertaruhkan iklim dan lingkungan bumi tanpa memperdulikan generasi selanjutnya? Apakah kalian menyadari berapa miliar ton CO2 yang telah dilepaskan manusia di atmosfer selama beberapa tahun terakhir ini? Pernahkah kalian berpikir tentang itu semua, tentang lingkungan bumi yang kalian tinggali ini?
       Dari sepengetahuan penulis, ada sekitar 10 persen kelebohan CO2 di atmosfer dibandingkan pada zaman sebelum kita membakar minyak, batu bara, dan gas, menebang dan membakar hutan. Kita tahu bahwa sekarang kita telah banyak menggunakan berbagai bahan bakar dibandingkan beberapa puluhan ribu tahun yang lalu. Kita juga bisa membayangkan berapa banyak kadar CO2 yang saat ini dilepaskan ke atmosfer, dan penyebabnya adalah emisi buatan manusia.
      Penulis yakin kita telah mempelajari ini di sekolah menengah bahwa kelebihan CO2 di atmosfer akan meningkatkan suhu bumi. semakin meningkat suhu bumi, es dan gletser pun akan mencair, dan ini akan memeperburuh kondisi bumi.
       Pernahkah kalian berpikir juga akan punahnya makhluk hidup di bumi yang diakibatkan pemanasan global? Mungkin sekarang kita masih merasakan bumi yang sangat indah dan mempesona ini. Tapi bagaimana nanti, bagaimana kondisi bumi nanti yang akan kita wariskan ke generasi selanjutnya? Dari pemanasan globalini memungkinkan banyaknya tumbuhan dan hewan yang akan punah. Bisa kalian bayangkan bagaimana nanti jika kalian di posisi generasi selanjutnya, mungkin kalian akan marah dan sedih akan keadaan saat itu. Merasakan hidup di lingkungan bumi yang buruk, yang kemungkinan tidak banyak lagi tumbuhan dan hewan yang hidup karena punah. Kalian tidak akan merasakan indah dan mempesonanya bumi ini sebelum terjadinya pemanasan global.
       Dari pertanyaan dan pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa sebelum pemanasan global terlepas dari kendali manusia, kita bisa memulai dari sekarang untuk berhenti atau meminimalisir penggunaan emisi yang menghasilkan gas CO2. Jangan sampai kita menyesal dan jangan sampai generasi kita selanjutnya mengeluh akan warisan yang diberikan oleh nenek moyangnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman yang sama tapi berbeda

Pedagogi dan Andragogi